July 13, 2024

ADIA – Asosiasi Dosen Ilmu Adab

Kajian Budaya di Masyarakat

Pengertian Aqidah Akhlak dalam Ajaran Islam

Pengertian Aqidah Akhlak dalam Ajaran Islam

asosiasi-adia.org – Aqidah dan akhlak merupakan salah satu ajaran yang ada dalam Islam, dan sangat penting dimiliki oleh seorang muslim. Namun, ada juga yang masih belum paham sepenuhnya apa yang dimaksud dengan aqidah dan akhlak.

Pengertian Aqidah

Dikutip dari buku Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya karya Dedi Wahyudi (2017: 1) link (https://www.bppp-tegal.com/), pengertian aqidah adalah kepercayaan yang bersih dari kebimbangan dan keraguan di mana hati membenarkannya sehingga timbullah ketenangan jiwa. Pengertian lain dari aqidah adalah kepercayaan kepada Allah yang Maha Esa yang mencakup enam kepercayaan atau disebut dengan rukun iman.

Pengertian aqidah secara umum adalah kepercayaan, keimanan, keyakinan secara mendalam dan benar lalu merealisasikannya dalam perbuatan. Sedangkan aqidah dalam agama Islam berarti percaya sepenuhnya kepada keesaan Allah, di mana Allah-lah pemegang kekuasaan tertinggi dan pengatur segala apa yang ada di jagad raya.

Pengertian Akhlak

Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang yang berakibat timbulnya berbagai perbuatan secara spontan tanpa disertai pertimbangan. Juga dapat juga diartikan sebagai perangai yang menetap pada diri seseorang dan merupakan sumber munculnya perbuatan-perbuatan tertentu dari dirinya secara spontan tanpa adanya pemaksaan. Akhlak adalah sifat dasar manusia yang dibawa sejak lahir dan tertanam dalam dirinya. Karena akhlak berasal dari dalam diri manusia, aktualisasinya adalah timbulnya akhlak mulia dan akhlak buruk.

Hubungan Aqidah dan Akhlak dalam Islam

Aqidah dan akhlak dalam ajaran Islam memiliki kaitan yang sangat erat. Aqidah yang kuat dan benar tercermin dari akhlak terpuji yang dimiliki seseorang dan sebaliknya. Dalam konsepsi Islam, aqidah dan akhlak tidak hanya sebagai media yang mencakup hubungan manusia dengan Allah tetapi juga mencakup hubungan dengan sesama manusia serta alam sekitar, karena merupakan implementasi dari ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Jika hubungan-hubungan tersebut dapat diterapkan dengan selaras, maka seseorang akan memiliki kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Demikianlah pembahasan mengenai aqidah dan akhlak yang saling berhubungan satu sama lain.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *