July 13, 2024

ADIA – Asosiasi Dosen Ilmu Adab

Kajian Budaya di Masyarakat

Jenis-Jenis Bahan Ajar Aqidah Akhlak

Jenis-Jenis Bahan Ajar Aqidah Akhlak

Mata pelajaran aqidah akhlak adalah pelajaran yang sangat penting dan bermanfaat dalam menumbuhkan dan menjadikan moral peserta didik menjadi generasi yang berbudi luhur dan baik. Mata pelajaran aqidah akhlak termasuk dalam ruang lingkup pendidikan agama Islam.

Bahan ajar adalah segala bentuk materi, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar sangat diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk mengatasi berbagai hambatan dan keterbatasan yang mungkin muncul, baik dari pihak guru maupun siswa. Selain dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, menambah wawasan, mengembangkan sikap eksploratif, dan membantu menumbuhkan pengertian dan pemahaman.

Penting untuk mengetahui keterkaitan antara bahan ajar dan sumber belajar seperti di link (https://indoseafarer.com/). Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik, termasuk informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang digunakan untuk pembelajaran, baik secara terpisah maupun gabungan, demi meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Sedangkan bahan ajar adalah materi yang diambil manfaatnya dari sumber belajar.

Bahan ajar memiliki beberapa fungsi, baik bagi pendidik maupun peserta didik. Fungsi bagi pendidik meliputi:

  1. Menghemat waktu dalam mengajar.
  2. Mendukung peran pendidik sebagai pengajar dan fasilitator.
  3. Meningkatkan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan interaktif.

Fungsi bagi peserta didik meliputi:

  1. Memungkinkan belajar tanpa pendidik atau teman.
  2. Memungkinkan belajar kapan saja dan di mana saja.
  3. Membantu peserta didik menjadi pelajar mandiri.
  4. Menjadi petunjuk dalam aktivitas pembelajaran dan substansi kompetensi yang harus dipelajari, dipahami, dan dikuasai serta menjadi sumber belajar tambahan.

Aqidah adalah dasar keyakinan hati seorang muslim yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber keyakinan aqidah dan berpegang teguh pada ajaran Islam. Akhlak adalah tindakan, sikap, dan tingkah laku yang tertanam pada diri seseorang dan dilakukan secara spontan tanpa pertimbangan yang dibentuk dalam perbuatan.

Pembelajaran aqidah akhlak adalah upaya pendidik untuk memberikan bekal, bimbingan, pengajaran, pelatihan, dan pembentukan sikap kepada peserta didik agar dapat mengenal, memahami, mempercayai, mengimani Allah SWT. Dan mengimplementasikan perbuatan yang berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pembelajaran aqidah akhlak penting untuk diajarkan kepada peserta didik agar dapat mempercayai dan meyakini adanya Allah SWT yang menciptakan manusia dan alam semesta, serta merealisasikan keyakinan tersebut dalam bentuk perbuatan, sikap, dan tingkah laku yang mulia terhadap Allah SWT, sesama manusia, dan alam sekitar.

Aspek Aqidah yang Meliputi 4 Hal

  1. Kalimat Thayyibah Ucapan atau kalimat baik sebagai materi pembiasaan bagi siswa, mencakup bacaan: tasbih, tahmid, takbir, tahlil, salam, sholawat, istighfar, dan Laa haula walaa quwwata illa billah.
  2. Al-Asma’ Al-Husna Sebagai materi pembiasaan dengan menyebut 99 nama baik Allah beserta arti di baliknya.
  3. Iman kepada Allah Dibuktikan secara sederhana melalui kebiasaan mengucapkan kalimat thayyibah, Al-Asma’ Al-Husna, serta pengenalan 5 sholat fardhu.
  4. Percaya dan Yakin terhadap Rukun Iman Meliputi iman kepada Allah, Malaikat Allah, Kitab Suci Allah, para Nabi dan Rasul Allah, Hari Kiamat, serta Qada dan Qadar Allah.

Aspek Akhlak

Merupakan aspek terkait perilaku baik yang harus dilakukan dan perilaku tercela yang wajib dihindari, yaitu:

  1. Akhlak Mahmudah (Perilaku Terpuji) Disampaikan dengan pemahaman melalui materi yang ada serta diberikan contoh dari berbagai perilakunya, antara lain: jujur, bertanggung jawab, ta’dzim, sopan santun, penuh kasih sayang, rajin, saling tolong menolong, bergotong royong, bersedekah, tersenyum, penuh semangat dalam mencari ilmu, menjaga kebersihan, bersyukur, ikhlas beramal, sederhana, rendah hati, percaya diri, bijaksana, teguh pendirian dalam kebaikan, optimis, tawakkal pada Allah, dll.
  2. Akhlak Madzmumah (Perilaku Tercela) Disampaikan dengan pemahaman melalui materi yang ada serta diberikan contoh dari berbagai perilakunya, antara lain: berbohong, suka mencelakai orang lain, sombong, iri hati, dengki, malas, membangkang, serakah, pesimis, pemarah, murtad, hasud, suka mengadu domba, fasik, dll.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *