Keputusan dan Rekomendasi Forum Dekan-ADIA Bandung

Forum Dekan XIX/ADIA XII telah usai dan menghasilkan beberapa keputusan dan rekomendasi. Forum diikuti oleh para dekan fakultas Adab/Ilmu Humaniora dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; UIN Sunan Ampel Surabaya; UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi; UIN Raden Fatah Palembang; UIN Alauddin Makassar; UIN Maulana Hasanuddin Banten; UIN Sumatera Utara Medan; UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; UIN Imam Bonjol Padang; UIN Ar Raniri Aceh; IAIN Bengkulu; IAIN Pontianak; IAIN Surakarta; IAIN Ternate; IAIN Palu; IAIN Manado; IAIN Jember; dan IAIN Purwokerto.

Adapun keputusan yang dibuat adalah sebagai berikut: (1) Peneyelenggaraan Forum Dekan XX/ADIA XIII tahun 2020 dilaksanakan di Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur; dan (2) Peneyelenggaraan Forum Dekan XXI/ADIA XIV tahun 2021 dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

1) Peneyelenggaraan Forum Dekan XX/ADIA XIII tahun 2020 dilaksanakan di Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur; dan Peneyelenggaraan Forum Dekan XXI/ADIA XIV tahun 2021 dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Rekomendasi yang dihasilkan ditujukan kepada beberapa pihak, sebagai berikut:

Untuk Kementerian Agama RI

  • Peninjauan kembali nomenklatur penggabungan fakultas ¬†Ushuluddin, Adab, dan Dakwah karena tidak sesuai dengan rumpun ilmu yang seharusnya.
  • Menyelaraskan nomenklatur nama program studi ilmu adab/humaniora di lingkungan DIKTIS Kemenag dengan Kemenristek DIKTI.

Untuk Pengurus ADIA

  1. Merumuskan Pohon Ilmu Adab/Humaniora dalam forum Dekan yang dilaksanakan sebelum kegiatan Forum Adia 2020.
  2. Memberikan masukan kepada Kementerian Agama, Kemenristek DIKTI, dan lembaga terkait dalam perumusan berbagai kebijakan di bidang penyelenggaraan perguruan tinggi.
  3. Mengadakan workshop/seminar review kurikulum ilmu Adab/Humaniora
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga/perguruan tinggi luar negeri
  5. Menyiapkan LPJ untuk MUNAS IV dan memberikan pendampingan penyelenggaraan Forum Dekan/ADIA dan konferensi internasional.
  6. Mendorong program studi untuk segera melengkapi struktur pengurus asosiasi masing-masing dan mengesahkan kepengurusannya.
  7. Menyelenggarakan kompetisi nasional tingkat mahasiswa sebelum kegiatan Forum ADIA

Untuk Pimpinan Fakutlas/Anggota ADIA

  • Mengimplementasikan MoU yang telah ditandatangani bersama, khususnya berkaitan dengan pertukaran dosen dan mahasiswa dalam bidang tridharma.
  • Menyediakan alokasi anggaran untuk iuran keanggotaan ADIA
  • Menyediakan alokasi anggaran untuk mengirimkan dosen masing-masing mengikuti konferensi.

Untuk Peneyelenggara (FIH UIN Maliki, Malang

  • Menyelenggarakan Forum Dekan XX/ADIA XIII sekitar bulan Juni 2020.
  • Memperluas penyebaran undangan peserta ke lembaga/perguruan tinggi luar negeri
  • Menyenggarakan forum dekan dengan alokasi waktu yang cukup
  • Menyelenggarakan forum khusus wakil dekan I, II, III dan Tenaga Kependidikan dengan alokasi waktu yang cukup.

Forum Dekan XIX, Forum ADIA Se-Indonesia XII dan International Conference on Humanities and Islamic Civilization (ICON-HIC) ditutup oleh Ketua Forum Dekan/ADIA, Dr. H. Barsihannor, M.Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *